Categories
Uncategorized

12 Langkah Menggunakan Jasa Pengiriman Mobil dengan Aman

jasa pengiriman mobil – Terdapat banyak sebab atau alasan mengapa seseorang mengirimkan mobilnya baik ke luar kota atau di wilayah satu kota atau bahkan hingga ke luar pulau dan lain sebagainya. Baik karena harus pindah rumah, atau pengiriman mobil baru, atau menemukan mobil antik yang sesuai selera dari luar kota atau luar pulau, atau menjual mobil yang harus dikirim ke alamat pembeli dan lain sebagainya. Jasa pengiriman mobil tersebut bisa dilakukan secara self drive atau diangkut dengan truk towing atau truk kontainer atau kapal roro dan lain sebagainya. Berikut ini adalah prosedur pengiriman mobil dengan aman.

Reputasi Jasa Pengiriman Mobil

Pilihlah jasa pengiriman mobil yang bereputasi baik, dan jelas kontak serta alamatnya sehingga mudah jika mau dihubungi pada saat terjadi permasalahan. Juga legal dan memiliki rekening perusahaan. Selain pertimbangan mengenai harganya tentu saja. Reputasi dan track record jasa pengiriman mobil bisa diketahui dari testimoni dan review para pelanggan yang telah pernah menggunakan jasanya.

Kosongkan Isi Mobil

Lalu keluarkan barang-barang yang ada di dalam mobil, seperti berbagai barang pribadi, baju, sepatu, laptop, uang, dompet  pewangi mobil dan tempatnya, bantal di mobil, berbagai hiasan mobil dan lain sebagainya. Catat dengan kertas atau smartphone daftar barang-barang yang tidak bisa dikeluarkan dan tetap berada di dalam mobil. Photo dan buat klip video juga mengenai kondisi audio, juga pendingin udara, serta angka speedometer, dan jok mobil, serta setir, juga pedal dan lain sebagainya, kondisi interior mobilnya. Usahakan agar mobil yang hendak dikirim dalam keadaan kosong.

Cuci Mobil Hingga Bersih

Kemudian juga cuci bersih keseluruhan mobil agar ketahuan kondisi mobil yang sebenarnya pada saat sebelum dikirim, terutama dengan kondisi eksterior mobilnya. Jadi akan ketahuan apakah mobil sudah sejak awal ada lecet atau goresan di tempat tertentu atau tidak.

Lepaskan Hiasan dan Komponen Eksterior Mobil

Berhubung mobil mau dikirim, menempuh perjalanan yang cukup jauh, dinaikturunkan pada kontainer dan lain sebagainya, maka guna menghindari terjadinya gesekan atau rusak atau goresan pada mobil maka sebaiknya dilepas saja berbagai hiasan dan komponen eksterior mobil, yakni seperti ada spoiler serta bemper tambahan, lipat antena, spion dan lain sebagainya.

Cek Mesin Mobil

Pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan yang baik. Cek kondisi karburator juga mesin-mesin penting yang lainnya. Terutama jika mobil mau dikirim dengan secara self drive, jangan sampai mobil mengalami mogok di tengah jalan pada saat pengiriman.

Cek Kondisi Alarm Mobil

Mobil yang akan dikirim selain dengan secara self driver sebaiknya dimatikan atau di non aktifkan saja alarmnya. Hal ini karena tidak semua pengemudi truk pengangkut tahu cara untuk mematikan alarm setiap jenis mobil.

Cek Keseluruhan Kondisi Cairan di Mobil

Cairan yang ada di mobil itu meliputi bahan bakar bensinnya, oli juga air aki dan lain sebagainya. Cek dan pastikan bahwa cairan aman dan tidak terlalu penuh, tidak goyang serta tidak bocor.

Dokumentasikan Mobil

Foto dan buat klip video keseluruhan body mobil, cantumkan juga tanggal dan jamnya di foto dan klip video tersebut. Tunjukkan dokumentasi mobil yang akan dikirim tersebut pada driver atau pada pihak jasa pengiriman mobil. Cukup ditunjukkan saja, dan tetap simpan dokumentasinya. Hal ini guna mengantisipasi jika terjadi tambahan kecacatan pada mobil setelah dikirim, agar mudah dalam pengurusannya.

Cek Bahan Bakar

Tergantung cara pemgirimannya. Mobil yang akan dikirim dengan secara self drive maka bisa diisi bahan bakarnya dengan secara penuh, full tank. Namun jika mobil akan dikirim dengan truk towing atau car carrier, maka cukup isi bahan bakar setengahnya saja, yakni tidak kosong sama sekali tapi juga tidak secara penuh guna menghindari risiko terjadinya ledakan atau kebakaran pada saat proses pengiriman.

Cek Kondisi Ban Mobil

Sebaiknya jangan biarkan ban mobil dalam keadaan kempes atau bocor, apalagi jika hendak dikirim dengan secara self drive.

Buat Copy atau Salinan Dokumen Mobil

Hal ini karena mobil yang akan dikirim diharuskan untuk menyertakan berkas SNTK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan juga BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) mobil yang asli. Sehingga sebelum berkas dokumen mobil tersebut diserahkan pada jasa pengiriman mobil, ada baiknya dicopy terlebih dahulu.

Garansi

Garansikan mobil yang hendak dikirim guna meminimalkan risikonya.

Demikianlah langkah-langkah untuk mengirim mobil dengan secara aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *